Sistem Informasi Penggajian dan Kepegawaian Berbasis Dekstop



Sistem Informasi Penggajian dan
Kepegawaian Berbasis Dekstop
(Studi Kasus: Sekolah Menengah Atas (SMA)
Negeri 2 Waingapu)



            1.   Pendahuluan
Perkembangan dunia informasi yang semakin meningkat seiring dengan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi komputer yang mampu menunjang berbagai kebutuhan dan permintaan informasi dari pengguna membuat informasi telah menjadi suatu kebutuhan utama dalam suatu organisasi, Oleh karena itu, sarana yang efektif untuk mengakses, mengolah dan menyimpan sumber informasi telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam kegiatan usaha.
Teknologi Informasi sudah menjadi pilihan utama dalam menciptakan Sistem Informasi organisasi yang tangguh sehingga mampu melahirkan keunggulan kompetitif dan menjadi strategi unggulan di tengah persaingan yang semakin ketat dewasa ini.Pembangunan Sistem Informasi suatu organisasi bukan sekedar mengotomatisasi sebagian proses yang secara rutin dilakukan, melainkan menciptakan suatu aliran informasi yang baru yang secara sistematis dan terintegrasi disusun  menjadi suatu sistem yang terpadu [1].Perangkat lunak merupakan bagian yang sangat penting. Perangkat lunak memberikan suatu peran yang sangat penting dalam kelancaran kegiatan organisasi, seperti kemampuan untuk melakukan pengolahan, penyimpanan dan pengaksesan informasi yang diperlukan dengan efektif. Dengan adanya perangkat lunak, diharapkan data yang ada dapat disimpan secara teratur, sehingga pengaksesan dan pengolahan data dapat dilakukan dengan lebih mudah.
Pelaksanaan fungsi dari manajemen sebuah organisasi, adalah keberadaan dan kelancaran aktifitas administrasi. Pemanfaatan Teknologi Informasi dapat menghasilkan efisiensi dalam berbagai aspek pengelolaan informasi yang ditunjukkan oleh kecepatan dan ketepatan waktu pemrosesan, serta ketelitian dan kebenaran informasi (validitas) yang dihasilkan, Hal ini berkaitan dengan penggunaan perangkat keras komputer (hardware), program aplikasi pendukung (software), perangkat komunikasi dan internet sebagai sarana pengelolaan informasi [1].
Penggajian adalah memberikan kompensasi untuk pegawai yang berupa gaji sebagai kembalian finansial kepada para pegawai sebagai ganti kontribusi mereka terhadap organisasi, instansi atau lembaga [2]. Aplikasi Sistem Informasi Penggajian dan KepegawaianSMA Negeri 2 Waingapu bertugas menyimpan dan memproses data yang digunakan untuk menggaji pegawai atas layanan yang mereka berikan. Aplikasi Sistem Penggajian dan Kepegawaian sangat penting, sehingga sistem tersebut harus didesain dengan baik agar dapat memberikan layanan yang dibutuhkan pegawai serta dapat membantu memberikan informasi bagi user (Kepala Sekolah) dalam bentuk laporan, Hal ini perlu didukung oleh sistem informasi yang mampu menyediakan informasi secara cepat dan akurat mengingat penggajian adalah salah satu proses dalam organisasi yang rentan terhadap masalah. Kesalahan perhitungan atau keterlambatan pembayaran gaji merupakan contoh masalah yang sering dihadapi dalam sistem penggajian.
Aplikasi Sistem Informasi Penggajian dan Kepegawaian Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 2 Waingapu adalah cara baru dalam pengolahan data penggajian pegawai. Sistem Informasi penggajian ini merupakan dasar dan konsekuen logis dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Kondisi administrasi pada saat ini di SMA Negeri 2 Waingapu kurang maksimal dalam pencarian data seorang pegawai karena sistem yang ada di SMA Negeri 2 Waingapu masih sangat minimal dan bersifat manual, hal ini menyebabkan kurang efektif, memakan waktu yang cukup lama dan tidak akuratnya data yang dihasilkan, oleh sebab itudibutuhkan suatu sistem yang mudah namun efektif yang dapat berguna bagi user administrator(Bendahara) untuk mengolah data yang akan diinformasikan kepada user (Kepala Sekolah).

            2.   Tinjauan Pustaka
Penelitian tentang Sistem Informasi Kepegawaian, Sistem Informasi Penggajian maupun tentang Sistem Informasi itu sendiri telah banyak dilakukan oleh para peneliti terdahulu dan menjadi referensi dalam perancangan dan pembuatan Aplikasi Sistem Informasi Penggajian dan Kepegawaian Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 2 Waingapu, yaitu “Sistem Informasi Guru dan Pegawai SMP Negeri 12 Medan” membahas tentang sistem informasi guru dan pegawai dan memberikan informasi data guru dan pegawai secara cepat serta akurat[3], “Sistem Informasi Penggajian Pegawai Madrasah Aliyah Negeeri Binjai”membahas tentang sistem informasi peggajian pegawai dan memberikan informasi tentang gaji pegawai [2]. Pada kesempatan ini, penelitian akan dilakukan pada Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 2 Waingapu.
Dalam penelitian ini, akan dibangun sebuah aplikasi penggajian dimana aplikasi tersebut dapat memberikan informasi tentang penggajian dan daftar pegawai pada SMA N 2 Waingapu. Penerapan sistem informasi ini menghasilkan laporan-laporan hasil kompilasi data yang dikelola oleh database yang berkualitas, karena setiap proses pembuatan laporan tersebut dieksekusi secara otomatis oleh mesin komputer. Adanya penerapan sistem informasi ini juga membantu setiap pihak untuk mendapatkan informasi secara lebih efektif dan efisien .
selengkapnya di  SINI
 

Post a Comment