Perancangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web



Perancangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web di Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Informasi dan Komputer (STIMIK) Sepuluh Nopember Jayapura - Papua



1.      Pendahuluan
Pendidikan tinggi merupakan salah satu faktor kunci dalam upaya memajukan kehidupan dan kesejahteraan masyarakat suatu bangsa. Dapat dibandingkan Pendidikan perguruan tinggi di Indonesia hingga saat masih sangat jauh dibandingkan dengan perguruan tinggi yang ada di tingkat Asia, apalagi di tingkat dunia. Dilihat berdasarkan peringkat top ten 100 asia, UGM menempati posisi 53, ITB posisi 69, dan UI peringkat 85 (http://www.4icu.org/id/; januar 2013). Untuk menghasilkan sumber daya manusia yang dapat berkompeten perlu suatu alternatif untuk meningkatkan daya saing perguruan tinggi ke tingkat asia maupun tingkat dunia. Salah satu alternatif yang telah dilakukan oleh perguruan tinggi maupun pihak pemerintah dalam berkompetisi saat ini adalah dengan dipercepatnya transformasi teknologi informasi.
Menurut Jerry Mearcellinus Logahan [1], masyarakat menginginkan pendidikan tinggi yang berhubungan dengan kurikulum, penelitian, dan pelayanan masyarakat yang relevan dengan kebutuhan sosial dan ekonomi masyarakat. Teknologi informasi dapat memenuhi kebutuhan akan relevansi dan fleksibelitas. Dengan fasilitas internet dan berdasarkan  standar internet yang terbuka, dapat memberikan hal sebagai berikut. Pertama, hubungan mendunia; kedua, belajar melalui infrastruktur, dan yang ketiga, infrastruktur informasi dan hubungan dengan pelayanan kepada manajemen dan pihak luar.
Perkembangannya saat ini banyak perguruan tinggi di Indonesia yang telah gencar – gencarnya memakai teknologi informasi sebagai tools yang mendukung berjalannya arus informasi pada perguruan tinggi. Pemanfaatan teknologi informasi bagi perguruan tinggi telah menjadi kebutuhan untuk menunjang proses pendidikan. e-Univesity merupakan salah satu tools yang dikembangkan untuk mendukung sistem informasi akademik. e-Univesity bertujuan untuk mendukung penyelenggaraan pendidikan, sehingga perguruan tinggi dapat menyediakan layanan informasi yang lebih baik kepada komunitasnya, baik dalam maupun diluar perguruan tinggi tersebut melalui media internet [2]
Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Informatika dan Komputer (STIMIK) Sepuluh Nopember Jayapura walaupun masih tergolong masih muda, tetap berkomitmen untuk membangun dan menyiapkan generasi muda yang trampil dan tangguh dalam bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK). Namun, yang menjadi kendala saat ini adalah ketersediaan tools teknologi informasi seperti yang telah dipaparkan diatas yaitu suatu sistem yang dapat diakses melalui media internet.

selengkapnya di SINI
 

Post a Comment