Sistem Informasi Layanan Kesehatan di Kota Salatiga Berbasis Webgis



Sistem Informasi Layanan Kesehatan di Kota Salatiga Berbasis Webgis


Pada era informasi ini, kebutuhan informasi menjadi semakin kompleks dan beragam. Masyarakat memerlukan akses secara cepat dan mudah untuk memperoleh informasi. Dengan semakin berkembangnya teknologi informasi, banyak instansi dan masyarakat maju yang telah memanfaatkan teknologi informasi untuk mendapatkan informasi. Salah satu perkembangan teknologi yang berkembang dengan pesat yaitu teknologi internet termasuk didalamnya perkembangan website. Dengan menggunakan Internet, informasi dapat diakses dimanapun dan kapanpun dalam hitungan detik.
Informasi yang dibutuhkan masyarakat saat ini, salah satunya adalah kebutuhan informasi geografis. Teknologi SIG (sistem informasi geografis) merupakan suatu teknologi mengenai geografis yang sangat berkembang. SIG dirancang untuk mengumpulkan, menyimpan dan menganalisa objek serta fenomena yang posisi geografisnya merupakan karakteristik yang penting untuk dianalisis [1]. Dengan adanya perkembangan teknologi internet, teknologi SIG dapat dibangun berbasis web.  Web SIG merupakan bentuk dari website yang menggambarkan tentang informasi geografis suatu daerah.
Kesehatan merupakan bagian yang sangat penting dalam kehidupan manusia dan berbagai cara dapat digunakan untuk memperbaiki maupun meningkatkan kualitas kesehatan. Pelayanan kesehatan merupakan bagian penting dalam meningkatkan kesehatan. Diperlukan dukungan informasi yang tepat dalam mengelola jasa pelayanan kesehatan agar tujuan suatu pelayanan masyarakat dapat terlaksana dengan baik.
Salatiga terletak di propinsi jawa tengah memiliki luas 56,78 km2 [2]. Dalam pelayanan kesehatan di kota Salatiga pelaksanaannya masih kurang efektif dan efisien. pencarian informasi terkait pelayanan kesehatan yang diinginkan masyarakat dalam waktu relatif singkat masih terhambat. Masyarakat umum maupun praktisi kesehatan lain memerlukan tambahan tenaga, waktu dan biaya untuk mencari informasi pelayanan kesehatan yang lebih detil karena informasi mengenai pelayanan kesehatan disediakan oleh masing – masing sarana kesehatan saja.  Data sarana kesehatan tersedia di Dinas Kesehatan tetapi tidak terorganisir dan penyimpanan data masih dalam bentuk tekstual bukan secara spasial. Informasi yang tersedia masih sangat terbatas tentang pelayanan kesehatan. Dinas kesehatan belum menetapkan sistem komputerisasi secara maksimal dalam memantau pelayanan kesehatan di kota salatiga.
Berdasarkan latar belakang masalah yang dijelaskan diatas mendasari penulis mengambil judul ” Sistem Informasi layanan Kesehatan di kota Salatiga berbasis Webgis”. Sistem ini akan berisi informasi mengenai pelayanan masing-masing sarana kesehatan. Informasi tersebut berupa gambar sarana kesehatan, peta lokasi sarana kesehatan, pelayanan, fasilitas dan jadwal praktek dokter.
Permasalahan dalam pembangunan sistem ini adalah bagaimana merancang aplikasi sistem informasi geografis yang dapat memberikan informasi mengenai pelayanan kesehatan di kota salatiga berbasis webgis. Jurnal ini disusun dengan tujuan untuk membangun sistem informasi geografis pelayanan kesehatan berbasis webgis di Salatiga. Manfaat yang di harapkan dari penelitian ini yaitu data Dinas Kesehatan menjadi terorganisir, memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam mendapatkan informasi pelayanan kesehatan di kota salatiga secara lengkap yang dapat diakses melalui website. 

unutk selengkapnya silahkan unduh di link dibawah ini


2 comments

Gan mnta link'x donk...mksh sblm'x ^^

Reply

Ini Mba
https://drive.google.com/file/d/0BzlQWFPGVUr9cjhueTA0Sk5VQmc/view?usp=sharing

Reply

Post a Comment